Laman

2.3.14

Me And My Late Night Anxiousness


2 hari sebelum uts, gue sempet ketemu dan ngobrol-ngobrol sama 2 temen favorit yang juga merupakan teman sejak kecil gue, yaitu Rachel dan Tania. gue temenan sama Rachel sejak tk. kita dari dulu tetanggaan dan cuma beda 1 rumah. sementara Tania, gue kenal dia di SD. kami bertiga menjalani masa kecil sampe semi-gede ini bareng-bareng. walaupun beda smp dan beda sma, tapi kita pasti selalu sempetin ketemu dan nongsik-nongsik bareng, salah satunya nongsik di Sabtu malam 2 hari sebelum gue uts. pertemuan itu agak mendadak. gue yang baru bangun tidur jam 5 sore tiba-tiba dapet sms dari Rachel yang isinya "Oi, lo udah punya komik Innocent Bride belom? di f******art ada ni, ayo sini bareng gue sama Tania." hmm okay, gue memang orang yang terlalu mudah terpikat rayuan komik bagus, begitu tau disana ada komik yang udah gue incer dari lama, langsung aja gue cus ketempat mereka abis maghrib. nyampe ditempat janjian, gue pun beli makan, beli komik, dan ngobrol-ngobrol asyik sama mereka.

But then, i remember something....

.....2 hari lagi gue uts. 

okay, gue emang bukan pelajar yang baik. udah tau mau uts, eh malah main. malem-malem pula.
Dengan ngeluh-ngeluh dikit, gue bilang ke mereka:

"You know, 2 hari lagi gue ada uts. biologi. dan gue agak ragu sama kemampuan gue menghafal protista."

"Protista? anjrit eneg banget gue denger biologi," said Rachel, yang emang anak IPS, tapi belajar lintas minat biologi. 

Kali ini Tania merespon kata-kata gue dengan pertanyaan. "Emangnya lo gak belajar di tempat les lo, Mi?" 

"I did, tapi kalo belum dipelajarin lebih dalem lagi, gue takut gak ngerti."

Rachel dan Tania diem. Tania sibuk main hp, sementara Rachel ngeliat gue agak-agak takjub (i actually didnt know dia takjub beneran atau takjub ngejek). lalu Rachel pun ngomong ke gue tentang sesuatu, yang entah kenapa selalu kepikiran di otak gue sampe sekarang, sampe gue nulis isi post ini.

"Mi, i seriously pity yourself. lo tau, kita tetanggaan dari kecil. lo sibuk les ini itu, dan gue menjalani hidup gue dengan biasa-biasa saja. gue suka kesian ngeliat lo pulang sekolah malem-malem. jam 6 jam 7 lo baru sampe rumah. sementara gue? gue nyampe rumah pas matahari masih ada, paling lama pun pas mataharinya nyerempet-nyerempet mau tenggelam. lo masih mikul-mikul tas di punggung lo, jalan menuju rumah, sementara gue aja udah gak peduli tas gue ada di bagian rumah mana. gue malem udah wangi selesai mandi, sementara lo masih bau keringet bau matahari," kata Rachel sambil makan biskuit nyam-nyam stroberinya. "Gue tuh ngeliat hidup lo kayaknya monotoooon banget deh. sebenernya, sampe sekarang lo capek-capek pulang malem, les ini itu tuh buat apa sih? lo sebenernya ngejar apaan?"

Hm. Okay, ternyata si Rachel lagi takjub ngejek. dan.....okay, Rachel got a very good point. 

gue jawab pertanyaan Rachel dengan agak-agak bingung, karena yah, you know.....gue sendiri pun gak tau selama ini gue ngejar pendidikan tuh buat apa. gue emang nyari ilmu, tapi kadang gue suka mikir, apa ilmu yang sekarang gue pelajarin di sekolah itu akan gue pakai juga di masa depan? i wouldnt use Trigonometri atau Gerak Harmonis Sederhana in life, karena gue sama sekali gak minat sama yang namanya hal-hal berbau mekanik dan matematika. tapi dibilang gak minat juga gak bisa, karena gue sekarang anak IPA. mau gak mau, gue harus ngerti materi-materi ciptaan Tuhan karena nantinya, di masa depan,  lingkup pekerjaan gue ada di bidang yang begitu-begituan, yang gak jauh-jauh dari logika, itung-itungan, dan afalan.  tapi to be honest, im not really interested in physics atau matematika. kalau biologi, gue masih bisa maklum karena biologi itu masih bisa gue liat manfaatnya di masa depan. kayak misalnya, sekarang gue lagi belajar soal virus dan bakteri. kalo misalnya gue dimasa depan hidup di lingkungan yang terjangkit virus atau bakteri, setidaknya gue punya ilmu dan cara penerapan biar gak terjangkit penyakitnya. tapi untuk physics and math, i seriously only see few in life. 

Ketidaktertarikan gue pada pelajaran-pelajaran ciptahan Tuhan tersebut terkadang bikin gue pengin jadi anak IPS. entah ini gue sok tau atau apa, tapi gue ngeliat lingkup pekerjaan di bidang IPS tuh gede banget, kesannya lebih banyak dibanding yang IPA. tapi, gue juga gak mau jadi anak IPS, karena gue punya orangtua yang sangat amat ingin punya anak dokter. gue anak terakhir, satu-satunya anak yang masuk IPA diantara kakak-kakak gue. i dont want to break my parents' hope dengan gak jadi seorang dokter. gue mau bikin mereka seneng dengan jadi apa yang mereka inginkan. but then i get very anxious about that decision. hasil psikotest gue di sekolah menunjukkan gue cocok untuk ambil fakultas kedokteran, tapi tetep aja........i still feel a lil bit anxious. gue takut, gue takut di masa depan nanti gue malah salah pilih. gue takut gue nantinya ngejalanin sesuatu yang gak gue suka. tapi...mau ngikutin sesuatu yang gue suka pun gue nya juga bingung, karena gue sendiri masih gak tau gue sebenernya mau jadi apa di masa depan. and that sucks.

Post gue agak-agak berat gak sih? huhu otak gue pas mau uts mikirnya jadi berat gini deh, heran. annyyyywwwaaayyy, doain gue sukses ya buat uts. jangan sampe ada yang remed, semoga nilainya diatas 8 dan semoga nilainya bisa ngebanggain orangtua. semoga usaha gue gak sia-sia haaaaa amin. hahaha, maaf untuk today's heavy topic, besok-besok gue post sesuatu yang membahagiakan deh. hehe. 

See you on the next post, peeps! :D

Best Regards,

No comments:

Post a Comment